Monday 6 October 2014

Pengalaman klaim Asuransi Kendaraan Adira....


Ane mau share pengalaman ane tentang pengurusan klaim asuransi adira ni gan. Akhir tahun 2013 lalu ane beli mobil baru Suzuki splash facelift secara kredit di Adira Finance, maklum belum mampu buat bayar cash, kalo pun mampu, ane ga tega buat bayar cash sebesar itu. Harga pada saat itu sekitar 147 jt. jadi ane ma istri putusin untuk beli secara kredit di adira finance selama 4 tahun dengan cicilan perbulan 3,7 jt. belum sekolah, nursering anak, biaya hidup di bali, dll. waduh tekor ni... ga apa itung-itung sambil diet kata istri ane, heheheh mentang 2 badan ane padat berisi jadi di suruh sekalian diet dah.

Akhirnya mobil itupun ane bawa pulang mudik lebaran tahun 2014 ke gresik, jawa timur setelah melewati perdebatan panjang antara mudik pakai Jalur udara atau pakai jalur darat. oiya istri ane masih belum bisa pake mobil. dan karena mobil ane baru jadi dia pengen di ajarin pake mobil. alhasil dia pun bisa mengendarai mobil meskipun belum ahli ahli banget. singkat kata singkat cerita kami pun melakukan aktivitas seperti yang di lakukan setiap orang pada saat lebaran. yaitu berkunjung ke sanak sodara. pada malam kejadian ane ngerasa capek karena udah mengendarai kendaraan dari bali - jawa dan di lanjutkan dengan unjung 2 kesana kemari. akhirnya ane suruh istri ane untuk memegang kemudi. dari rumah saudara sampai rumah masih aman aman saja. akhirnya ane turun dan , istri ane minta izin untuk beli susu anak ane yang sudah kehabisan di indomaret terdekat bersama adik perempuannya. ane tunggu dengan ibu mertua ane selama 15 menit dirumah kok belum nyampe, 30 menit kemudian kok belum nyampe dan mertua ane pun berfirasat pasti ada apa apa, tapi perasaan ane sih gak ada apa2 mungkin masih di bawa muter2 untuk jalan2 pikir ane. tak pelak istri ane pun datang dengan tergopoh gopoh. katanya dia habis nabrak pot bunga dan dudukan bale2 di gang sebelah. ane pun agak kurang percaya. tapi setelah dia menunjukkan serpihan kaca dan plastik baru ane percaya. ane pun kedepan rumah untuk melihat kondisi mobil tsb.dan hancur pecah berantakanlah bemper dan foglamp depan sebelah kiri mobil ane.

Ni penampakannya...

Sudah wes ga apa kata ane, coba klaimkan no ae nak asuransi Adira, rugi kalo ga di klaim pake asuransi soale wes bayar akeh nak asuransi. kata ane untuk menenangkan istri ane yang sudah berkaca kaca akhirnya pada malam itu ane langsung telp pihak Adira di call center 24 jam (500 456) dan ane jelasin kejadiannya seperti apa.. dan aduan kalim ane pun di terima. karena masih suasana lebaran ane pun di suruh untuk 2 hari lagi ke kantor surabaya untuk proses survey kendaraan dengan membawa stnk dan ktp pemohon yang tertera pada polis asuransi. kantor adira berada di gedung bank Danamon kalo dari arah gresik sebelum kebun binatang surabaya posisi di sebelah kanan jalan.ane lupa nama jalannya maklum ane udah lama ga ke surabaya, kantor Adira jadi satu dengan kantor bank Danamon. disana ane pun menjelaskan kejadian dan di suruh mengisi form klaim asuransi, kendaraan ane di foto, karena ane tinggalnya di Bali maka ane pun di rekomendasikan bengkel yang ada di bali ( Muji Motor) dan selesai tak sampai 15 menit ane pun pulang. sebelum pulang gresik ane mampir BonBin, sudah berpuluh puluh tahun ane gak kesana ini kesempatan ane ma keluarga apalagi si kecil belum pernak ke BONBIN surabaya.

untuk syarat pengajuan klaim bisa dilihat disini...

Prosedur klaim Adira sebagai berikut :

Proses pengajuan dan proses klaim di Adira Insurance secara keseluruhan cukup sederhana. Anda cukup mengisi formulir laporan klaim yang ada dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan, maka tim Adira Insurance akan menganalisa lebih lanjut klaim sesuai dengan kondisi pertanggungan yang ada. Hal utama yang perlu dipastikan adalah kerugian yang Anda alami memang dijamin dalam polis.

1. Jenis Kerugian
Untuk asuransi kendaraan bermotor dan alat berat, Anda mungkin akan mengalami jenis kerugian berikut:
  • Kerugian sebagian (Partial Loss)
Kerugian sebagian atas objek pertanggungan yang diasuransikan, dimana nilai kerugian tidak lebih dari 75% harga pertanggungan. Kerugian ini dapat terjadi karena kehilangan (Partial Loss Stolen) atau tabrakan (Partial Loss Accident) atau oleh kejadian yang dijamin dalam polis.
  • Kerugian Total (Total Loss)
Kerugian secara keseluruhan atas objek pertanggungan yang diasuransikan, dimana nilai kerugian mencapai 75% harga pertanggungan. Kerugian ini dapat terjadi karena kehilangan (Total Loss Stolen) atau tabrakan (Total Loss Accident) atau kejadian yang dijamin dalam polis.
Untuk asuransi non kendaraan bermotor lainnya, Anda mungkin akan mengalami jenis kerugian seperti yang dijamin dalam polis, oleh karena itu mohon Anda membaca dengan teliti polis asuransi Anda.
2. Prosedur Klaim
Berikut penjelasan mengenai proses klaim di Adira Insurance, baik asuransi kendaraan bermotor maupun asuransi non kendaraan bermotor:
claim_Adira
Laporkanlah kerugian yang Anda alami dalam waktu 5 hari kerja sejak terjadinya kerugian. Pelaporan klaim dapat Anda lakukan melalui:
  1. Datang langsung ke kantor pelayanan Adira Insurance terdekat.
  2. Telepon ke kantor pelayanan Adira Insurance terdekat atau ke Adira Care 500456 (tambahkan kode area bagi pengguna ponsel).
  3. Kirim sms ke SMS Channel 0812 111 3456.
  4. Mengunjungi website kami dan langsung mengisi Formulir Laporan Klaim yang tersedia.
  5. Siapkanlah dokumen pelaporan sesuai dengan jenis kerugian yang Anda alami (lihat Daftar Dokumen Pendukung Klaim). Segeralah menyerahkan dokumen klaim secara lengkap agar klaim yang diajukan dapat segera diproses.
  6. Beberapa jenis klaim memerlukan proses survey terhadap objek pertanggungan. Hal ini ditujukan untuk mengetahui secara jelas penyebab terjadinya kerugian dan sebagai proses estimasi total kerugian yang dialami pelanggan.
  7. Setelah seluruh dokumen dan data klaim lengkap, tim Adira Insurance akan menganalisa lebih lanjut klaim yang ada. Hal ini ditujukan untuk menentukan nilai ganti rugi dan proses ganti rugi yang akan dilalui.
  8. Proses penggantian kerugian dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang dialami. Misalnya untuk asuransi kendaraan bermotor dengan jenis kerugian partial loss accident, maka proses penggantian kerugian dilakukan dengan cara memperbaiki kerusakan yang ada di bengkel rekanan autocillin.
3. Dokumen Klaim Yang Dibutuhkan
Untuk seluruh jenis klaim yang Anda ajukan, Anda diminta untuk menuangkan kronologisnya dalam Formulir Laporan Kerugian yang akan diberikan oleh petugas Adira Insurance. Sebagai persetujuan, Anda wajib menanda tangani formulir tersebut.
Untuk asuransi kendaraan bermotor, dokumen pendukung pelaporan klaim adalah sebagai berikut :
  • Salinan SIM yang masih berlaku
  • Salinan STNK yang masih berlaku
  • Dokumen lain yang disesuaikan dengan jenis klaim yang diajukan
Untuk dokumen pendukung lainnya mengacu kepada kebijakan masing-masing jenis asuransi.


Lebaran pun selesai ane pun balik lagi ke denpasar bali, besoknya ane ke pihak bengkel muji motor yang beralamatkan di jalan trengguli gg 22 untuk proses klaim asuransi berikutnya, kendaraan ane pun di cek dengan rekomendasi surat yang udah di buat dari pihak adira sebelumnya. karena bemper ane dan foglamp serta cover foglamp harus di ganti baru, ane pun harus menunggu sampai barang2 tersebut ready baru ane bisa masukan mobil ane ke bengkel. jadi hari pertama ane cuma dilakukan pencatatan administrasi asuransi dan disuruh menuggu ampe barang2 tersebut datang. Seminggu setelah nya belum ada kabar, dua minggu setelahnya pun masih blm ada kabar, ane pun coba telp pihak bengkel dan katanya ada barang yang masih belum ada dan harus menunggu dari jakarta karena mobil suzuki splash ini mobil built up india/ CBU india. aduh lumayan lama ne. setelah sekitar tiga minggu menunggu ane baru dapat telp dari pihak bengkel katanya barang ane dah ready semua dan mobil bisa dimasukin bengkel untuk proses pemasangan. ane pun segera kesana untuk proses lebih lanjut. mabil ane akhir nya masuk bengkel selama kurang lebih seminggu dan mobil ane pun sudah sembuh. Setelah proses selesai ane pun bayar biaya administrasi klaim perkejadian 200 rb. yang kalo ane pikir2 kalo ngga pake asuransi bisa abis 2,5 juta ampe 3 jutaan. Demikian pengalaman ane klaim asuransi mobil di adira. semoga bermanfaat.. Thanks

2 comments:

Ahmad Islah said...

Alhamdulillah, makasih Gan kemarin udah klaim asuransi ke Adira, tapi sparepart belum datang katanya, ni masih nunggu dipanggil ama bengkelnya. Jadi aman lah kalau udah ada yang berhasil gini.

Islah said...

Sip infonya menarik sekali Gan. Ane mau klaim adira nih, APV babak bundas depannya.

Adventure Lombok Exotis Bersama Taft Diesel Indonesia Chapter Gresik

Menjelang Tahun Baru 2015 TDI ( Taft Diesel Indonesia ) Chapter Gresik mengadakan Touring Ke Pulau lombok Selama 3 hari dan dilanjutka...